KKP Tegaskan Ekspor Benur Lobster Tetap Dilarang

 

KKP Tegaskan Ekspor Benur Lobster Tetap Dilarang

JawaPos.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menegaskan, kebijakan ekspor benur lobster hingga saat ini masih dihentikan sejak tertangkapnya menteri sebelumnya Edhy Prabowo oleh KPK.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan bahwa meski belum diputuskan secara resmi terkait keberlangsungan kebijakan tersebut, Ia mengaku, akan mengedepankan budidaya benih lobster di dalam negeri.

“Ekspor lobster sementara tetap saya hentikan dulu sampai kemudian saya dapat satu solusi yang terbaik dan ini tentu akan kami bawa ke komisi IV. Apabila menyetujui dari program yang akan saya sampaikan, maka akan kami lakukan. Jadi benih lobster kita akan menuju ke budi daya,” ujarnya di Komisi IV DPR RI, Rabu (27/1).

Trenggono mengakui, permintaan ekspor benih lobster sangat besar selain ada banyak nelayan yang menggantungkan hidupnya dari benih lobster. Namun, dirinya tidak ingin benih lobster langsung dijual begitu saja tanpa ada budi daya.

“Benih lobster ini, terus terang secara pribadi saya melihat ada demand di luar yang jumlahnya cukup besar, lalu kemudian ada nelayan yang hidupnya bergantung  benih lobster,” jelasnya.

Dengan demikian, saat ini pihaknya sedang memutar otak untuk mendapatkan solusi kebijakan yang tepat, misalnya setiap pelaku budi daya benih lobster harus memiliki nelayan binaan.

“Ini semua sedang kami kaji makanya kami pergi ke suatu tempat di Bali, di situ memang bukan tempat budidaya lobster tapi karena pemikiran saya adalah budi daya lobster harus dijalankan, maka ada sekelompok usaha yang sudah memulai,” ucapnya.

Ia menyebut saat ini beberapa kelompok usaha sudah mulai melakukan budidaya benih lobster.

“Saya berpikir itu message yang ingin saya sampaikan kepada masyarakat, bahwa budidaya itu penting, jangan praktis mengambil bibitnya saja, tapi bisa sampai ke budidaya,” pungkasnya.

sumber:https://www.jawapos.com/ekonomi/27/01/2021/kkp-tegaskan-ekspor-benur-lobster-tetap-dilarang/

Share:

Arsip Blog

Recent Posts