Soal Mitra Blok Rokan, Kementerian ESDM Serahkan Sepenuhnya ke Pertamina



Persiapan Alih Kelola Blok Rokan

 Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) menyerahkan proses pencarian mitra pengelolaan Blok Rokan sepenuhnya kepada PT Pertamina (Persero).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Tutuka Ariadji mengatakan, penentuan mitra tersebut merupakan urusan antar pelaku bisnis. Saat ini, Pertamina pun tengah melakukan pengkajian terhadap penentuan mitra ini.

"Pertamina sedang melakukan kajian partner, siapa yang paling tepat. Dan menurut kami itu urusan business to business," ujar Tutuka dalam konferensi pers Capaian Kinerja Sub Sektor Migas 2020, Senin (18/1/2021).

Tutuka menegaskan, pemilihan mitra atau partner berperan penting dalam menentukan keberhasilan pengelolaan blok Rokan. "Ini sangat penting dalam menentukan keberhasilan, dari segi kompetensi dan finansial," imbuh Tutuka.

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) siap menghadapi tantangan untuk mengenai target produksi minyak sebesar 300 ribu barel per hari dari Blok Rokan. Pengelolaan blok tersebut akan beralih dari Chevron Pacific Indonesia ke Pertamina pada Agustus 2021.

Tantangan pertama dalam mengelola Blok Rokan adalah pandemi Covid-19. Pandemi ini berdampak cukup besar terhadap perekonomian, termasuk industri minyak.

"Selain itu dibutuhkan teknologi rumit karena ini blok tua," kata Direktur Pertamina Hulu Rokan RP Yudantoro, di Jakarta, Selasa (22/12/2020) silam.

Menurut Yudantoro, tantangan ini bisa dijawab dengan kekompakan seluruh personel PHR. Dengan begitu target produksi minyak 300 ribu barel per hari bisa dicapai.

sumber:https://www.liputan6.com/bisnis/read/4460427/soal-mitra-blok-rokan-kementerian-esdm-serahkan-sepenuhnya-ke-pertamina

Share:

Arsip Blog

Recent Posts